Adsense 970x90

Adsense 728x90

Adsense 728x90

7 Tanda Anda Sedang Dilanda Stress

December 26, 2015

Sebagian orang menganggap bintik putih di kuku atau bibir yang terkelupas lalu berdarah, adalah hal yang wajar.

Padahal, itu merupakan pertanda ada sesuatu yang terjadi pada tubuh kita. Ahli nutrisi Charlotte Watts mengatakan, stres dapat membuang banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Begitu juga PMS (pramenstruasi sindrom) dan stres, membuang nutrisi lebih cepat.

Hal tersebut disebabkan energi, otak, hormon, dan sistem imun bekerja dengan intensitas yang cepat dan tinggi saat kita berada dalam tekanan. Berikut tujuh pertanda pada tubuh yang mengindikasikan Anda sedang stres dan membutuhkan nutrisi tambahan
  1. Bibir berdarah
    Jika sudut bibir Anda tiba-tiba mengelupas dan berdarah, itu artinya Anda membutuhkan vitamin B, terutama vitamin B6. Vitamin B dibutuhkan untuk kesehatan sistem saraf dan dibutuhkan untuk mengolah energi yang kita dapatkan dari karbohidrat, lemak, dan protein yang masuk ke dalam tubuh.

    Tubuh akan menggunakan energi tersebut untuk merespons stres. Vitamin B6 digunakan untuk menghasilkan zat serotonin dan dopamin yang berfungsi untuk menjaga mood seseorang. Kebutuhan akan B6 semakin tinggi ketika anda mengonsumsi alat kontrasepsi dan obat anti depresi.
    Baca Juga: Renungan Bagi Yang Sibuk Berkarir
    Sumber makanan yang mengandung vitamin B6 terbesar adalah wortel, daging ayam, telur, ikan, daging, bayam, alpukat, pisang, brokoli, kagung, dan kentang.
  2. Bintik putih di kuku
    Banyak yang berpikir bahwa bintik putih pada kuku adalah sebuah pertanda Anda kekurangan kalsium. Faktanya, bintik putih pada kuku mengindikasikan tubuh kekurangan zinc.

    Zinc adalah mineral yang dibutuhkan tubuh dalam menghasilkan hormon insulin dan hormon seks. Saat Anda stres, zinc akan terkuras sehingga hormon terganggu. Untuk mengatasinya, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung zinc seperti ikan, daging, biji bunga matahari, kacang, dan keju.
  3. Diare
    Diare dapat disebabkan oleh berbagai hal, antara lain kebersihan makanan yang Anda konsumsi. Akan tetapi, diare adalah tanda bahwa tubuh kekurangan magnesium, terlebih ketika stres melanda.

    Magnesium dibutuhkan untuk mengendurkan otot-otot yang kaku saat stres. Kadar magnesium yang rendah dalam tubuh justru akan memicu gejala lain seperti ketakutan, insomnia, depresi, dan nyeri otot.

    Otot-otot dalam saluran pencernaan juga membutuhkan magnesium agar keadaan lambung menjadi normal. Kurangnya magnesium pada otot saluran pencernaan mengakibatkan sembelit atau diare. Wortel, biji bunga matahari, alpukat, ikan, dan daging adalah makanan yang kaya zinc.
  4. Gusi berdarah
    Gusi berdarah adalah tanda bahwa Anda membutuhkan vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh setidaknya dalam 300 proses metabolisme yang terjadi di tubuh kita.

    Selain itu, vitamin C mampu merespons dengan cepat apa yang terjadi dengan tubuh saat kita mengalami stres. Jika gusi Anda mudah berdarah saat mnyikat gigi, sudah saatnya Anda meningkatkan asupan vitamin C dari jeruk, lemon, brokoli, pepaya, dan stroberi.
  5. Bintik merah di lengan
    Gangguan kulit yang banyak menyerang daerah lengan atau paha bagian atas mengindikasikan bahwa tubuh Anda kekurangan vitamin E.
    Baca Juga: 6 Model Rambut Agar Terlihat Muda dan Segar
    Vitamin E dibutuhkan oleh tubuh untuk melindungi bagian tubuh yang berlemak seperti lengan dan paha. Kurangnya vitamin E dalam tubuh dapat menimbulkan gangguan kulit seperti bintik-bintik merah mirip jerawat pada bagian lengan dan paha atas yang biasa disebut Follicular Keratosis.

    Sumber makanan yang banyak mengandung vitamin E antara lain kacang-kacangan, telur, susu, kentang, dan gandum.
  6. Rahang berbunyi
    Beberapa orang tak sadar ketika tidur kerap menggeretakkan rahang hingga berbunyi. Hal tersebut bukanlah sebuah kebiasaan, melainkan pertanda Anda sedang stres berkepanjangan.

    Stres memicu otot-otot sekitar wajah untuk mengirim sinyal ke otak bahwa tubuh dalam keadaan stres. Vitamin B5 dipercaya mampu mengurangi tingkat stres dalam tubuh.

    Vitamin B5 juga membantu dalam memproduksi hormon adrenal, kolesterol, sistem imun, dan hormon acetylcholine yang membantu menenangkan tubuh di saat stres. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B5 seperti daging, sayur-mayur, telur, jamur, dan hati.
  7. Infeksi tenggorokan
    Stres dapat menyebabkan masalah pada tenggorokan dan pernapasan. Biasanya Anda akan mengalami flu terlebih dahulu, kemudian tenggorokan mulai terasa tidak nyaman saat menelan makanan.

    Asupan vitamin A yang tinggi dibutuhkan karena mampu menangkal infeksi kulit luar dan membran mukosa yang melapisi saluran pernapasan, pencernaan, dan saluran kemih. Di saat seperti itu Anda disarankan mengonsumsi makanan dengan kadar vitamin A tinggi seperti asparagus, brokoli, pepaya, dan minyak ikan.
Share
 
Copyright © 2015. IdBloginf - All rights reserved.